Hamil lagi

Pas banget waktu bunda tau hamil yang kedua, bunda beli Ayahbunda no. 20 tahun 2008 dengan salah satu topik kehamilan yang berjudul “Hamil lagi” Pas banget deh tulisannya, misalnya tulisan tsb menyatakan moms yang hamil lagi akan mengalami kecemasan yang bersumber pada ketakutan:
- Mengasuh dua bayi: bagaimana meluangkan waktu bersama si sulung? Bagaimana bila keduanya sakit bersamaan? => Yup, hal ini kepikiran pas tau bahwa udah hamil lagi. Kasian najmi rasanya belun puas kangen-kangenan ama najmi, bentar lagi udah punya ade.
- Pengeluaran ekstra: disposable diaper harus beli double, dua bayi berarti dua pengasuh => Bener banget, mamy pokok najmi aja sebulan berapa, belum nanti ade lahir. Tapi by that time mudah2an najmi udah bisa toilet training. Saat ini aja pengasuh najmi dua, gimana kalo ade nya lahir nanti ya?
- Lelah fisik: kehamilan pertama dan proses melahirkan rasanya belum hilang lelahnya “Sanggupkah tubuhku menghadapi kelelahan berikutnya?” => Kalo masalah melahirkannya sih bunda gpp, cuman ngebayangin 40 hari pertama punya baby, those sleepless nights..
- Penampilan: dampak kehamilan pada tubuh dari hamil sebelumnya belum hilang “Kapan waktunya menurunkan berat badan” => Wah tulisan yang ini kayanya menembak ulu hati yang paling dalam! Hehe.. Iya nih dari kehamilan sebelumnya aja sisanya masih banyak, waduh bunda ntar mau segeda apa ya?
- Haruskah berhenti bekerja?: pengalaman betapa sulit mendapat pengasuh anak yang bisa dipercaya membuat Anda bingung: terus bekerja atau berhenti saja? => Ini point yang paling penting. Pasti dilematis banget nanti pas ade udah lahir. 6 bulan pertama pasti minta ma iyang di jakarta lagi untuk menyokong asi ekslusif, tapi setelah itu gimana ya?

Bagaimanapun kecemasan yang timbul, bunda sadar betul bahwa setiap anak pasti sudah dikasih Alloh rezekinya masing-masing, begitu juga dengan ade yang ada di dalam rahim bunda kini. Semuanya Insya Alloh nanti ada jalan keluarnya.

Kadang kehamilan ini membuat bunda merasa bersalah ama najmi, sekarang aja sehari-hari najmi di bandung, nanti kalo ade nya lahir, perhatian udah musti dibagi dua. Abisnya kasian kalo najmi di jakarta cuman sama pembantu doank, bunda ga tega. Biar aja bunda yang nahan kangen deh, asalkan najmi ada yang ngurusin di bandung dan ga cuman ama pembantu. Kalo udah bingung kaya gini, langsung deh kembali pengen resign..hiks..hiks.. Bunda sampe bingung ama orang tua yang tega kerja dan ninggalin anaknya di daycare ataupun ama pembantu or baby sitter doank di rumah. Tapi mungkin orang lain juga heran ama bunda yang kuat pisah ama najmi ya lima malam dalam seminggu. Believe me: berat banget rasanya!

No comments: