Kunjungan ke dokter di minggu 21

Kunjungan di Bandung:
Berbekal hasil USG 4 dimensi, di minggu 21 ini dede diperiksa ama dua dokter: satu di Bandung dan satu di Jakarta. Hal ini kita lakukan sebagai langkah awal antisipas rencana melahirkan di Bandung. Kenapa di Bandung? Pertama dan alasan utama karena di sana ada my parents, banyak sodara, dan udah ada RS Hermina yang kebetulan adalah provider asuransi kantor saya. Tentunya ada hal ga enaknya, yang paling sangat utama adalah risiko pas ngelahirin rene nya masih di Jakarta, dan musti ambil cuti minimal 2 minggu sebelum expected delivery date karena harus udah ada di bandung. Terus terang aja ampe sekarang kita belum memutuskan 100% yang mana yang kita pilih siih, jadi sementara itu kita kedua dokter dulu deh.

Di RS Hermina bandung, kita ketemu dr Hanny Rono (yang tulisannnya pernah saya kutip di blog ini mengenai Vitamin Q). Sebetulnya kita mau ketemu dokter yang di referensi ama Dini, yaitu dr Tono Djuwantono, tapi beliau lagi ke belanda, terus kita tanya lagi dokter yang praktek sabtu malam, dan ternyata ada dr Hanny. Tapi yang ga enak, kita musti dateng ke hermina jam 4 sore hanya untuk daftar, dan kembali lagi ke sana untuk diperiksa jam 8 malem. Ternyata jam 4 sore itu masih sepi banget (beda ama di RS Bunda yang kalo pendaftaran dibuka jam 3 sore beneran udah rame banget yang dateng), jadilah saya dapet nomor 1 “jalur biasa”. Lucu ya, soalnya ada “jalur khusus” yaitu untuk ibu hamil di atas 8 bulan, they got first priority.

Pas bilang ama my mom mau ke dr Hanny, my mom bilang kalo dia temennya papap karena dr Hanny suka siaran juga di radio mara. Waduh kebeneran nih, aksi KKN bisa dijalankan:p Jam 8 malem kita udah di Hermina, dan di sana rame loo yang periksa. Hah, malem minggu??? Aduh kayanya kalo di Jakarta jarang deh dokter praktek malem minggu. Terus jam 8.15 an dokternya dateng, dan ga lama kita pun dipanggil.

Mulai deh cerita riwayat pemeriksaan ampe bulan ini, terus ngasih liat hasil usg 4 dimensi. O ya terus ga lupa bilang kalo my paps is his friend, dan dia tulis tuh di kartu pasien “anaknya bang bule (nama my paps di radio mara). Dokternya lucu, ramah dan baek. Berhubung udah ada hasil usg nya kita ga di usg lagi, cuman didengerin detak jantung aja, terus kdengeran deh denyut nya cepet banget, terus kata dokter “hmmm bayinya galak kaya kakeknya” hehe..Selanjutnya saya disuntik tetanus, terus biasa deh dikasih obat. Pas mau disuntik dokter Tanya mau pake jarum besar atau jarum kecil. Saya dengan polosnya nanya “Emang apa bedanya dok?” terus dokter bilang, “biasanya cewe suka milih yang besar”…gubrak!, ternyata ga serius toh.. Kmaren diperiksa di sana udah ama dokter, suntik TT dan obat sekitar 300 ribu. So cheap compared to biaya control saya biasanya di Jakarta. O ya dr Hanny bilang usg 4 dimensi di hermina bandung itu Rp 5oo ribu udah all in, terus dia sempet juga bandingin cetakan hasil usg di Jakarta ama di bandung yang beda Rp 1oo ribu an itu. Ternyata cetakan di Jakarta emang lebih bagus. Tapi katanya tar lama-lama kertasnya jadi burem juga kaya di bandung, iiih dokter sirik aja, jelas-jelas bagusan yang Jakarta hehe..

Sebelum pulang dokter Hanny bilang kalo mau ngelahirin di bandung ya udah yang di Jakarta ga usah diterusin karena dia ngeliat riwayat kehamilan saya normal. Terus dokter juga pesen untuk terus baca Al Quran sampe hatam. Insya Alloh dok, itu juga target saya…

Versi kunjungan di Jakarta:

Hari Senin nya (cuman berselang dua hari dari kunjungan ke dr Hanny) saya diperiksa ama dr Wachyu. Dan seperti biasa donk dapet nomor 1. Pas diperiksa, saya belum sempet cerita apa-apa, dokter udah liat tulisan dr hanny di buku Bunda saya. Terus dia tanya saya diperiksa ama siapa. Terus saya bilang aja pas long weekend kmaren ke Bandung dan diperiksa di sana. Dokter langsung bilang “Oo ama dr Hanny Rono ya?” soalnya di buku itu ada tulisan nama “dr hanny” tanpa nama belakang. Tapi tenyata dr Wachyu tau. Pada intinya dr wachyu ga keberatan, tapi dia lebih referensi in ke dr Dudi, juga di Hermina bandung. Katanya kalo ama dr Dudi tar dia bisa bilang ama dokternya langsung (temen main golf katanya), jadi bulan kesembilan pun saya ke dr dudi ga masalah. Tapi kayanya kita dah terlanjur jatuh hati ama dr Hanny, jadi kalopun di Bandung tetep mau ke dr Hanny aja.

Kita kasih liat ke dokter wachyu hasil usg, terus dia bilang kalo posisinya sekarang masih melintang, tapi gpp karena masih jauh, mudah2an tar berubah siap untuk lahir normal. Amiiin. Terus katanya ga usah di usg 4 dimensi lagi di minggu 30 (padahal saya pengen, tar di bandung aja aah), karena hasil yang kmaren udah cukup lengkap. Terus kita periksa detak jantung dede lagi, Alhamdulillah sehat. Dikasih obat untuk nambahin obat dr Hanny kmaren, yaitu obat untuk DHA, dan walopun itu cuman obat tablet, tapi rasanya minta ampun deh bikin pengen muntah. Dipaksain makan aja deh, supaya dede nya pinter.

No comments: