Kunjungan ke dokter di minggu 35

“Wah udah mau melahirkan ya…” itu kata dokter pertama waktu masuk ke ruang USG dan liat kartu rawat jalan saya. Dan mulai deh saya tegang lagi:p Karena belum 100% sadar sih kalo the day is getting closer!

Kunjungan kemaren, akhirnya kita di USG, tapi cuman USG 2 dimensi *kecewa deh*. Pertama dokter ukur lingkaran kepala yang ukurannya sesuai dengan kehamilan 35 minggu 3 hari, alias sesuai dengan usia kandungan saya. Terus ukur perut dede, besarnya tetep kelebihan 2 minggu *dede mau saingan ama perut bapap ya?* dan terakhir yang diukur adalah paha dede, ukuran paha nya lebih besar satu minggu dari usia kandungan saya. Dokternya pas terakhir ukur paha dede bilang gini “Edan ini bayi nya gede loooh” hehe… Secara USG sekarang beratnya udah 2.95 kg (ada yang bilang berat USG itu masih harus ditambah 300 ons untuk tau berat sebenernya, tapi ada juga yang bilang bayi nya lebih kecil dari berat USG pas lahir..yah ga tau deh). Dokter bilang “Sebaiknya kalo mau melahirkan itu bayinya di bawah 3 kg, tapi karena kamu udah lebih, ya udah mulai sekarang diet aja ya” tanpa menjelaskan diet apa sih.

Secara posisi, Alhamdulillah posisinya memungkinkan untuk lahir normal. Kepalanya di bawah, udah masuk panggul, dan posisi inilah yang menjelaskan kenapa kalo saya jalan aja rasanya sakit banget. Terus dokter menjelaskan lebih lanjut apa aja yang harus dilakukan supaya bisa lahiran normal. Katanya kunjungan berikutnya, yaitu 10 hari dari kunjungan saya ke dokter kemaren, kalo udah terjadi pembukaan, saya udah siap melahirkan *am I really?*. Supaya cepet ada pembukaan, ada 4 hal yang perlu dilakukan, pertama dokter akan bantu dengan obat, kedua saya disuruh banyak jalan kaki, ketiga disuruh sering berhubungan karena katanya bisa merangsang kontraksi, dan yang ke empat kalo perlu dibantu dengan pemeriksaan dalam ama dokternya. Katanya sih yang ketiga yang paling ampu tapi secara udah mulai cuti hamil dan terpisahkan jarak dan waktu:p kayanya saya cuman akan minum obat dan memperbanyak jalan deh. Mudah2an aja ya de kita beneran bisa lahiran normal.

Tetep dikasih obat prolacta, caldece, ama fluoride, terus ada obat tambahan katanya sih untuk merangsang pembukaan, namanya alinamin, tapi setelah saya baca sih isinya adalah vitamin B1 dan B2.

Pas kemaren itu di ruang sebelah dimana dokter nerima pasien non-usg dan kita masih nunggu giliran di usg, ada dua pasangan yang mau di ceasar tgl 9 Sept. Yang satu jam 6 dan satunya jam 7. Terus kita bisik-bisik deh berdua “Udah ne, kita jam 9 aja” hihi..masa udah menyerah dari sekarang ya? Terus pas dokter masuk ke ruang usg, kita pun nanya atau lebih tepatnya confirm hasil “nguping” kita “Dok, banyak yang mau caesar tgl 9 ya?” Terus dokter langsung nyamber “Iya, kamu juga mau? Coba kita itung udah mateng belum tanggal segitu” setelah itung punya itung, katanya paling cepet saya baru boleh melahirkan tgl 12 Sept. Terus dokter juga menambahkan “Dua pasien saya yang tadi emang musti caesar karena punya riwayat caesar sebelumnya” *wah..cukup menjelaskan kalo dokter hanny emang ga caesar minded* Terus dengan cepet saya jawab “Iya dok, saya maunya normal kok..” dan dokternya jawab “Iya mudah-mudahan bisa ya..”

No comments: