Senam hamil di RS Boromeus

RS Boromeus bandung adalah tempat saya dilahirkan 30 taun yang lalu. Dan bangunan yang dipakai untuk bagian ibu dan anak nya pun masih sama dengan 30 taun yang lalu:p Mereka lagi bikin sih satu gedung khusus untuk RS Ibu dan Anak, tapi belum jadi. Karena itu saya ga milih RS ini untuk melahikan. Tapi kata erny my sister in law, senam di sini enak. Karena setelah senam ada sesi penyuluhan juga.

Ya udah saya coba di sana sekali hari sabtu pagi, dan ternyata saya emang ketagihan dan balik lagi hari rabu minggu depannya. Gerakannya sendiri hampir sama ya, cuman nekadnya di sini semua peserta senam hamil dibolehin latihan gerakan mengejan. Kalo di RS yang saya ikutin sebelumnya, tar kalo ibu hamil udah masuk minggu 37 baru boleh. Tapi saya sih sangat diuntungkan, secara selama ini ga pernah nyobain, jadilah nyobain, kayanya sih ga susah amat, cuman kan banyak yang bilang kalo pas “kejadian nyata” nya nanti mah bisa lupa semuanya:p

Kita senam selain dipandu ama susternya, juga sambil dengerin kaset senam hamil. Wah jadi pengen tuh punya kaset kaya gitu. Jadi di kaset itu dijelasin lengkap gerakannya musti gimana, terus kaset itu juga berhitung satu..dua...hehe..lucu deh pokoknya.
Pesertanya sendiri lumayan banyak, ada kali ya 20 orang. Setelah senam ada seorang dokter THT yang memberi penyuluhan mengenai deteksi pendengaran anak. Test apa aja yang harus dilakukan, dsb deh..dan I found it vey useful.

Total lamanya senam 1 jam, terus penyuluhan 30 menit, itu jadwal hari sabtu. O ya harga senam plus ceramahnya itu Rp 11.ooo aja. Sementara kalo hari rabu ada kelas breast care setelah acara senam hamil dengan bayar satu paket dengan senamnya Rp 18.000. Ya udah saya iseng aja cobain, lucu banget semua yang ikutan musti beneran buka bra dan kita beneran breast care deh. Malu juga sebenernya:p Tapi lumayan jadi tambah pengetahuan tentang gimana massage dan pembersihan payudara untuk sebelum maupun setelah melahirkan.

No comments: