The Signs

Kalo orang lagi pengen hamil, udah selayaknya tau apa aja tanda-tanda kehamilan kan? Begitu juga dengan saya. Tapi setelah saya bertanya ke temen-temen dan baca2 referensi di internet, seringkali saya merasakan the pregnancy signs tapi akhirnya malah dapet. Atau mungkin saking pengennya hamil jadi sering GR disangkanya tanda hamil gitu ya, padahal mau dapet?

Setelah memasuki usia 6 minggu kehamilan, saya bisa ambil kesimpulan the pregnancy signs yang saya rasain as follow:

1. Telat “dapet”.
Seharusnya saya dapet sekitar tgl 27 Jan (setelah kista saya diangkat Jan06 yang lalu, siklus mens saya jauh lebih teratur. Maju mundurnya paling sehari atau dua hari). Menurut historis, saya pernah telat paling lama sampai seminggu, tapi kemudian dapet. Kalo untuk bulan ini setelah seminggu pun saya belun dapet, makanya memberanikan diri beli test pack di hari ke 8.

2. “Dapet” lebih awal dari siklus dan cuman dikit
Tgl 22 jan, saya sempet konsultasi ke dr enud di MMC dan seperti biasa diperiksa dalem. Besoknya saya kaya lagi “dapet” gitu, walaupun cuman sedikit aja. Itu berlangsung selama 2 hari berikutnya. Saya pikir bulan ini siklusnya maju kali, tapi karena cuman bentar, saya pikir luka aja karena waktu diperiksa dalem ama dr enud sakit banget rasanya.

3. Ga muncul jerawat mendekati tgl 27 (tgl biasanya “dapet”).
Alhamdulillah saya bukan orang yang gampang jerawatan, tapi begitu jerawat muncul tiap bulannya, udah dipastiin bentar lagi “dapet”. Nah bulan ini jerawat sama sekali ga muncul.

4. Ga terlalu moody
Iya, kalo udah mau dapet, saya biasanya sangat moody, terutama rada sering marah gitu ama rene. Nah kayanya bulan ini ga tuh, datar aja. Tapi untuk memastikan kebenarannya, silakan tanya rene, jangan-jangan itu perasaan saya aja heehee

5. Laper terus
Tanda yang satu ini, susah dijadikan acuan karena kalopun ga hamil emang most of the time saya laper terus:p Tapi kali ini emang dashyat, udah makan, ga lama laper lagi. Gitu aja terus. Dan kalo telat di isi, maag nya kayanya langsung kambuh gitu. Ckckck…

6. Sering sendawa kenceng banget
Iya ga tau kenapa jadi sering sendawa gitu, mirip suara kodok.

7. Sembelit
Mungkin lebih dari 5 hari tuh ga bisa puppy, kayanya perut udah mau meledak aja.

Kayanya cuman itu deh yang spesifik tanda-tanda yang saya rasain. Kalo saya baca di buku, setiap orang merasakan hal yang beda ya. Cuman setelah 20 bulan berlalu sejak married, kayanya saya udah terbiasa menerima dengan lapang dada kalo akhirnya “dapet” walopun tanda-tanda nya udah menjurus ke pregnancy signs. Tapi kalo yang ini beneran emang pregnancy signs, wah bersyukur banget.

No comments: