Test darah

Betul aja kata dr wachyu, test darahnya very costly. Emang banyak juga sih yang di cek, sampe pas ambil darah aja susternya naro darah saya di 4 tabung kecil yang berbeda gitu. O ya akhirnya kita test di Pramita bandung, soalnya ga sempet terus test di cabangnya yang di matraman. Total semuanya 2,2 juta, Alhamdulillah masih awal tahun, jadi jatah obat kantor masih banyak.

Setelah nunggu semingguan, hasilnya kita terima juga, mereka kirim ke kantor. Dan terimakasih ya Alloh, 95% hasilnya negatif, kecuali ada satu virus yang hasilnya ada di “borderline” alias almost positif.

Each and every virus di test 2 jenis, IgG dan IgM. Kalo IgG positif artinya tubuh punya antibodi atas virus tsb and it’s ok. Sementara kalo IgM positif artinya we’re having that virus dan bisa membahayakan janin, tentunya harus segera diobati.

So these are my result:

1. ACA (virus kekentalan darah)
Ditulis urutan pertama di sini, karena ini hal pertama yang saya lihat pas terima hasil lab. Seperti saya udah tulis sebelumnya hasil test ACA saya about a year ago positif. Dan ever since kita ke dokter hematolog di RSCM, dr djumhana. Sempet dikasih obat, dan di cek darah beberapa kali, ACA udah turun tapi tetep ada. Alhamdulillah kali ini hasilnya udah negatif. O ya ga semua dokter mewajibkan ibu hamil tanpa riwayat keguguran untuk test ACA, sementara kalo yang udah pernah keguguran biasanya disuruh cek. Kalo setau saya dr wachyu emang cukup konservatif, ACA musti dicek.

2. TORCH (Toxo, Rubella, CMV, HSV)
Untuk TORCH ini semua IgM Alhamdulillah negatif kecuali untuk virus CMV yang ada di “border line”. Sementara semua IgG nya positif.

3. Glukosa sewaktu : normal
4. SGOT, SGPt: normal
5. HBs Ag, Anti HBs, Anti HSV: semua negatif
6. Ureum, Creatinine: normal
7. Hemoglobin, Esr: normal

Saya ga tau semua arti apa aja yang di cek sih sebenernya, besok baru mau ke dokter lagi, baru deh tar tanya-tanya lagi.

No comments: