Minggu 27 & 28

Alhamdulillah, saya udah masuk minggu ke 28, yang menurut buku udah boleh officially bilang 7 bulan (minggu ke 28 to minggu 31). Rasanya perutnya udah bener-bener gede banget, padahal masih akan tumbuh dengan signifikan di trimester ketiga ini. Kenaikan berat badan udah melebihi target, sekarang udah naik 14 kg! dan walopun dokter ga nyuruh diet, akhinya saya memutuskan diet. Entah gimana caranya diet kalo di kulkas masih ada Hagen Dazs..hiks..(dan kalo udah abis masih akan beli lagi selama promo 50% nya berlangsung:p). Yah pokoknya sekarang sedikit-dikit ngurangin makan nasi aja dan kalo laper ngemil buah (bye-bye biscuit). Baru itu sih yang berhasil dilakukan.

Terus nih, dapet pencerahan dari dr Utami Roesli waktu acara Liputan Pagi SCTV, menurut ibu dokter yang notabene ketua laktasi indonesia ini, manusia itu (juga ibu hamil dan menyusui) pada dasarnya ga perlu minum susu kalo merasa gizi nya udah seimbang (ga perlu loh ya bukan ga boleh). Pokoknya yang perlu susu itu bayi, itu juga perlunya ASI, nah selain itu semua yang ada di susu kalo dipenuhi dari makanan dengan gizi seimbang, ga perlu lagi tuh ditambah susu. Cuman karena kita di-brainwashed ama iklan, jadilah kayanya merasa wajib minum susu. Terus konsep 4 sehat 5 sempurna itu sekarang udah di revise jadi konsep gizi seimbang. Jadi ga ada lagi susu sebagai penyempurna kesehatan. Horeee…akhirnya saya putuskan minum susu sehari sekali aja deh, minumnya pagi hari aja. Masih dalam rangka diet:p

Di penghujung minggu 27, setelah selesai dari batuk, saya kena salah urat kayanya di punggung sebelah kanan. Emang udah lama berasa sakit, waktu batuk hebat itu juga udah berasa kok punggung kanan suka sakit ya? Dan setelah batuknya reda, beneran deh punggungnya sakit banget (bagaimanapun saya sangat bersyukur sakit punggung kanan nya beneran muncul setelah batuknya ilang). Saya langsung refer ke buku by Heidi Murkoff yang setia menemani saya, dan ada tuh section yang bahas “nyeri punggung bagian bawah” katanya nyeri ini disebabkan karena tekanan rahim yang membesar. Tapi saya tetep pikir kalo saya kena salah urat dan bukan karena tekanan rahim.

Dari sakit punggung ini, saya kalo nguap aja sakit, kalo nafas agak dalem aja sakit, badan sama sekali ga bisa nunduk, waktu solat untuk ruku dan sujud sakit banget. Waktu tidur sakit, mau bangun tidur untuk pipis, sakit banget… duuh bener-bener deh, ujian yang sangat berat.
Dan masih ada ujian lagi, mobil kita si blacky tercinta kena tabrakan beruntun di tol (waktu itu rene nyupir sendirian, ga kebayang kalo saya ikut juga), Alhamdulillah masih tercover asuransi dan dipinjemin mobil ama tante sui selama blacky di bengkel. Terimakasih banyak ya tante..

Tapi ujian demi ujian bener-bener membawa hikmah besar untuk saya, menjadikan saya sadar untuk bersyukur punya suami yang ga macem-macem dan penuh perhatian...ciee ilee.. Waktu punggung saya sakit, setiap malem rene pijitin dan gosokin punggung pake counterpain, enak banget rasanya. Jadi suka mikir gimana ya ibu hamil yang ditinggalin suaminya, misalnya karena suaminya selingkuh, atau masuk penjara..pas saya bilang pikiran saya tsb ke rene, dia bilang “aah kamu kebanyakan baca novel dan nonton sinetron”:p

Masuk minggu 28, Alhamdulillah keadaan jauh lebih baik. Sakit punggung kanan udah ilang, batuk juga udah ga, tidur kembali nyenyak, blacky udah selesai dari bengkel, sempet nonton Die Hard dan Transformer di PS, perjalanan pulang-pergi kantor lancar karena anak masih pada liburan sekolah dan kayanya banyak orang tua yang ambil cuti, izzi pizza kembali discount 75% ampe akhir tahun hehe…asyik deh pokoknya. Mudah-mudahan sehat terus sampe saat melahirkan nanti. Amiiin.

No comments: