My first senam hamil

Minggu ini untuk pertama kalinya saya ikutan senam hamil di RSIA Permata Cibubur. Asalnya mau ikutan di RS Pondok Indah jadi kan setelahnya bisa nonton PIM, tapi berhubung blacky masih di bengkel, ya udah kita yang deket dulu aja senam hamilnya (dan akhirnya kita nonton jumat malem di PS, baru nyampe rumah jam 12 malem, karena setelah nonton lanjut ngobrol dulu ama Astrid dan Alex sampe mall nya udah gelap:p).

Senamnya mulai jam 9, kita dateng pas jam 9 dan masih dibuka pendaftarannya. Tapi bener-bener kacau karena pesertanya terus aja berdatangan (hampir 25 orang kali), padahal matras dan ruangannya udah ga cukup! Aneh banget, kok ga dibatasin ya?

Sebelum mulai senam, semua ibu hamil diukur tensi dan didengerin denyut jantung bayi, itu aja ngabisin waktu sejam. Senamnya juga sejam, selesai senam diukur tensi dan dengerin denyut jantung bayi lagi, another 30 minutes. Pokoknya ga efisien banget deh waktunya. Jadinya saya bertekad senam hamil di berbagai RS setiap minggunya, sampe ketemu yang bener2 efisien ngatur waktunya, walopun secara jarak mungkin lebih jauh dari rumah.

O ya, pas didengerin denyut jantung dede, kan perawatnya keliling bawa dopler yang portbale (rene pengen banget beli portable dopler!), kayanya sang perawat kurang ahli gitu karena susah banget nyari denyut jantung bayinya. Termasuk waktu dengerin denyut jantung my baby, saya sampe tegang, kok ga kedengeran ya? Is he alright? Tapi kayanya beberapa saat yang lalu masih ngerasain kok dede nya gerak. Setelah sekitar 3 menit yang menegangkan, kedengeran deh dan angka di dopler sebelum senam menunjukan 146, setelah senam meningkat jadi 164.

Rata-rata yang senam udah pada 30 minggu ke atas, kayanya cuman saya yang masih di bawah 30 minggu. Lucu banget ngeliatin semua orang perutnya besar..
Menurut saya senam ini terasa banget manfaatnya karena kita diajarin gerakan untuk ngurangin rasa sakit, misalnya untuk menghindari kaki bengkak, kram betis, menghindari wasir, sampai juga diajarin cara “ngeden”. Tapi untuk yang terakhir ini yang boleh praktek khusus ibu hamil yang udah usia 37 minggu ke atas. Saya cuman ngeliatin aja.

Dengan bayar 30 ribu, selain dapet gerakan senam untuk ibu hamil, peserta juga dibagi buku tentang kehamilan dan persalinan dari Wyeth, berikut souvenir berupa alat makan bayi. Terus pulangnya masih dapet lagi roti ama jus. Mmm emang laper sih, secara prosesi senamnya baru bener-bener kelar jam 11.30. Cuman karena banyaknya gerakan yang didapet, pas dah nyampe rumah dan mau praktek, kayanya yang bisa diinget cuman dikit. Wah kacow nih, emang musti sering-sering ikutan senam hamil kali ya biar inget. Dan mengingat banyaknya ibu-ibu yang ikutan, jadi pengen bikin sanggar senam hamil di Kota Wisata:p Kayanya bakalan laku tuh…

No comments: