Senam hamil di RS YPK

Sesuai dengan tekad saya untuk ikutan senam hamil di berbagai rumah sakit, hari jumat lalu pulang kantor, saya nyoba senam di RS YPK. Udah nyampe sana jam 6 lewat, padahal senamnya baru mulai jam 7 sampe jam 8 malem. Kita solat magrib, dan baru deh ke tempat senam hamilnya. Terus ada cewe mungil jalan di depan kita, kok kayanya kenal ya? Hehe… ternyata Alisa, temen kantornya rene yang artinya temen saya juga at my previous office, dan kita emang lagi sama-sama hamil, *dan sama-sama pasien dr Wachyu Hadisaputra, sama-sama mau melahirkan di kampung halaman masing-masing* tapi Alisa udah 35 minggu.

Pas masuk ruangannya ada sepasang suami istri yang lagi latihan mengejan. Waaah…ga mau liat ah, bikin tegang aja:p Tepat jam 7 mulai deh kita diberi pengarahan. Yang ikut cuman berlima, tempatnya enak serasa senam di rumah sendiri. Pas acara pengarahan selama 15 menit pertama, yang paling penting buat saya ketika dikasih tau mengenai perawatan payudara, musti dikompres dan massage setiap hari supaya entar ASI nya lancar *heard about it, but just don’t know how* Terus pengarahan mengenai apa yang boleh dan ga boleh waktu mengejan nanti *aduuh topik ini lagi*. Dan enaknya karena kita cuman berlima, kita boleh nanya sepuas-puasnya.

Selesai pengarahan, mulai deh senam. Sebenernya gerakannya hampir sama dengan yang waktu saya ikutan senam hamil pertama di RS Permata Cibubur, cuman kan saya jarang praktek di rumah *dengan alasan matras senamnya ketinggalan di bandung*, jadi kemaren rasanya enak semua otot stretching. Sampe kata Alisa “Enak ya mba, tau gini dari dulu aku senam hamil” Emang enak kok, membuat tubuh kita jadi seger. O ya kita dilatih juga untuk bernafas perut! Secara saya dulu ikutan latihan tenaga dalam, yaah jadi lumayan udah bisa. Cuman bedanya sekarang perutnya yang mengembung ketika saya bernafas keliatan gede banget kaya balon lagi di tiup.

Ngomong-ngomong masalah perut, pas senam kemaren kan kita duduk menghadap cermin, terus keliatan deh perut saya gede banget, mungkin paling gede di antara bumil yang dateng kmaren *apalagi di banding alisa, secara dia emang dasarnya mungil* padahal dibanding yang lain, usia kandungan saya yang 30 minggu ini adalah yang paling muda:p

Setelah satu jam, prosesi senamnya bener-bener udah selesai, dilanjutkan untuk bumil yang udah 37 minggu les privat mengejan ama suaminya dan suster. Terus kita pulang, bayar 25 ribu, tapi sayangnya ga dapet makanan atau not even mineral water *padahal di cibubur dapet roti ama jus* Cuman overall, kalo saya boleh milih mendingan senam di YPK deh daripada di Permata Cibubur.

No comments: